PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPS MI MIFTAHUL ULUM II TAMPUNG LEKOK PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Mustika (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPS MI MIFTAHUL ULUM II TAMPUNG LEKOK PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan hasil belajar siswa tersebut kemungkinan disebabkan oleh karena kurangnya pemanfaatan lingkungan siswa sebagai media belajar atau tidak adanya pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung bersama-sama menemukan sendiri konsep yang dipelajarinya secara nyata, serta kurangnya keikutsertaan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan tujuan penelitian maka lingkup penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VI semester I MI Miftahul Ulum II Tampung Lekok Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015 materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Tempat penelitian dilakukan di MI Miftahul Ulum II Tampung Lekok Pasuruan kelas II Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Variabel terikatnya adalah peningkatan hasil belajar materi kenampakan alam dan sosial negaranegara tetangga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran IPS dimulai dengan memberikan orientasi permasalahan pada siswa untuk menarik pemahaman awal siswa sehingga siswa siap untuk berusaha menemukan sendiri solusi pemecahannya. Ciri pembelajaran PBL
adalah adanya kegiatan pemecahan masalah dengan cara bekerja sama dan memiliki tahapan yang dibangun satu persatu, tahapan tersebut adalah 1) pembelajaran dimulai dari menyuguhkan permasalahan. 2) mengorganisasi siswa untuk belajar, 3) Berdiskusi untuk melakukan penyelidikan, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil kerja dan terakhir 5) menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah.
Siswa mengalami peningkatan hasil belajar setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model PBL, hal ini ditunjukkan dengan hasil rata rata nilai siswa pada awal sebelum tindakan.Pembelajaran dilaksanakan secara konvensional dengan menggunakan metode ceramah mencapai hasil 55,6 pada akhir siklus satu meningkat sebesar 66 dan meningkat menjadi 85,3 pada siklus 2. Selain itu pada siklus 2, 16 siswa telah berhasil mencapai standar ketuntasan belajar. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VI MI Miftahul Ulum II Tampung Lekok Pasuruan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Masyhudi Ahmad
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, MustikaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2015 03:39
Last Modified: 20 Feb 2015 03:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item View Item