HUBUNGAN KEAKTIFAN BERTANYA DENGAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA SMPN 1 TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hariyani, Indaria Tri (2012) HUBUNGAN KEAKTIFAN BERTANYA DENGAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA SMPN 1 TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Keaktifan bertanya siswa sebagai keinginan mencari informasi yang belum diketahui. Sehingga jika bertanya adanya pada kondisi pembelajaran maka bertanya merupakan proses meminta keterangan atau penjelasan untuk mendapatkan informasi yang belum diketahui dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. Bertanya merupakan hal yang paling penting dalam proses belajar mengajar baik dilakukan oleh guru maupun oleh siswa. Melalui bertanya pengetahuan seseorang akan bertambah. Dalam proses pembelajaran bertanya akan memberikan manfaat yang besar, baik bagi guru maupun bagi siswa. Berpikir kreatif diperlukan ketika menganalisis atau mengidentikasi masalah, mencari informasi, memandang masalah dari berbagai perspektif, mengeksplorasi ide-ide atau metode penyelesaian masalah, dan mengidentifikasi berbagai kemungkinan solusi dari masalah tersebut, yang menjadi rumusan masalah ini adalah apakah ada hubungan keaktifan bertanya dengan berpikir kreatif pada siswa SMPN 1 Taman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan keaktifan bertanya dengan berpikir kreatif pada siswa. Adapun hipotesis yang diajukan bahwa terdapat hubungan keaktifan bertanya dengan berpikir kreatif pada siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pada SMPN 1 Taman Sidoarjo berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling.
Alat pengumpulan data adalah menggunakan cek list keaktifan bertanya dan skala berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis korelasi kendal tau diketahui koefisien korelasional sebesar 0,954, yang berarti 95,4% variabel keaktifan bertanya sangat berpengaruh pada variabel berpikir kreatif. Menurut hasil penelitian Menurut Alexander keaktifan bertanya berhubungan pada pembelajaran siswa yang berlangsung. Keaktifan bertanya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dan menghasilkan berpikir kreatif siswa. Dalam berpikir kreatif diperlukan ketika menganalisis atau mengidentikasi masalah, memandang masalah dari berbagai perspektif, mengeksplorasi ide-ide atau metode penyelesaian masalah, dan mengidentifikasi berbagai kemungkinan solusi dari masalah tersebut.
Dengan demikian berarti terdapat hubungan keaktifan bertanya dengan berpikir kreatif pada siswa SMPN 1 Taman Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Siti Azizah Rahayu
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hariyani, Indaria TriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Bertanya; Berpikir Kreatif Pada Siswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2006
Last Modified: 14 Apr 2015 01:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10000

Actions (login required)

View Item View Item